Kesalahan Dalam Dunia Pendidikan

adsense 336x280
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ

 “Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil……...” (QS. An Nisaa’: 29)

Islam telah mengatur segala aspek kehidupan manusia, diantaranya islam mengatur perihal pendidikan didalam sekolah.

Uang bangunan, istilah yang sering kita dengar ketika akan mendaftar anak – anak kita ke sekolah. Ternyata islam sudah mengatur tentang itu sebelum ada istilah Uang Bangunan tersebut.

Maka setelah diselidiki lebih lanjut untuk apa dan atas dasar apa uang tersebut maka dapatlah kita mengambil kesimpulan, bahwa uang bangunan itu haram hukumnya. Ditinjau dari dua sisi antara lain :

  • Gedung atau bangunan sekolah di bangun dari sumbangan masyarakat sekitar atau bisa juga di bangun dari dana Pemerintah. Maka ini sifatnya wakaf atau sedekah untuk Allah Subhana Wa Ta’ala. Tidak boleh mengambil harta yang sudah diwakafkan dengan alasan Uang Bangunan.
  • Gedung yang dibangun milik perorangan/ pribadi. Maka islam membolehkan jika mengambil uang darinya. Karena ini termasuk akad sewa menyewa gedung, agar para siswa bisa belajar. Meskipun demikian uang sewa tidak boleh sama dengan harga gedungnya atau melebihi harga gedungnya untuk masing – masing siswa selama mereka bersekolah hingga lulus. Karena jika itu terjadi secara tidak langsung para siswa telah membeli gedung tersebut.


Demikianlah penjelasan singkat mengenai Uang Bangunan di sekolah.

Semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Kesalahan Dalam Dunia Pendidikan"

Posting Komentar