Pentingnya Sifat Teliti

adsense 336x280
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Wahai orang- orang yang beriman, jika ada seorang faasiq datang kepada kalian dengan membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dahulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pada suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian. (Al-Hujurat/49:6)

Didalam kehidupan kita tidak lepas dari yang namanya berita, entah itu berita gembira, berita duka atau hanya sekedar gosip.

Kita hidup memang butuh berita – berita tersebut. Tetapi tidak menelannya dengan begitu saja, butuh sifat ketelitian didalam menerima berita. Karena berita bisa saja benar dan bisa saja bohong.

Terutama jika berita tersebut datangnya dari orang Fasik (orang yang suka bermaksiat) maka ini lebih teliti lagi dalam menerima beritanya, perintah ini sesuai dengan apa yang telah Allah firmankan di dalam ayat di atas.

Adapun jika berita itu datangnya dari orang yang beriman dan kita tahu keimanannya itu maka orang seperti ini tidak perlu terlalu diteliti perihal berita yang dibawanya.

Demikian semoga bermanfaat.

adsense 336x280

0 Response to "Pentingnya Sifat Teliti"

Posting Komentar