Sehat Itu Bukan Berarti Panjang Umur

adsense 336x280
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allah, dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan. (Hadits ini shahih. Diriwayatkan oleh Muslim (no. 2664). Dishahihkan oleh Syaikh al-Bani rahimahullah dalam Hidayatur Ruwat ila Takhriji Ahaditsil Mashabih wal Misykat (no. 5228))

Tidak ada manusia yang kekal di dunia ini.

وَمَا جَعَلْنَا لِبَشَرٍ مِّن قَبْلِكَ الْخُلْدَ أَفَإِنْ مِّتَّ فَهُمُ الْخَالِدُونَ كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ }

Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal? Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (QS. Al Anbiya:34-35).

Sekarang coba kamu lihat ditempat – tempat Fitnes, ditempat – tempat khusus berolahraga setiap hari Ahad atau hari Libur. MasyaAllah banyak sekali orang pada olahraga. Mereka melakukan itu untuk apa? Untuk mendapatkan kesehatan, itu jawabannya.

Iya setiap kita ingin hidup sehat. Bahkan kepada orang yang sudah tua sekalipun inginnya tetap Sehat wal ‘Afiat, tidak ingin sakit apalagi sampai punya penyakit yang parah.

Sehingga karena mereka punya anggapan seperti itu, sampai – sampai mereka bangun dipagi hari, untuk apa? Bangun untuk shalat Shubuh, atau untuk apa? Mereka bangun pagi – pagi karena ingin Jogging. Astagfirullah kenapa lagi ini orang. Harusnya yang mereka ingat pertama kali adalah Shalat Shubuh bukan Jogging. Begitulah jika manusia lebih mencintai badan dan fisiknya. Masalah agama pun menjadi hilang dalam ingatannya.

Perlu kita tau, Sehat itu tidak memperpanjang umur kita, apa? Sehat itu tidak memperpanjang umur kita.

Banyak contoh yang membuktikan ini. Ada orang sehat nya minta ampun, tapi dia mati ditabrak. Jika seperti ini kemana kesehatannya pergi. Bukankah dia hidup menjaga kesehatan. Ada juga orang yang dijamin sehat oleh dokternya, tapi dia tetap mati dan tidak bangun kembali dari tempat tidurnya, Astagfirullah begitulah jika mati telah datang. Dia tidak ijin dan tidak permisi.

Jadi, fikirkanlah untuk apa sehatmu itu? untuk berbangga dan merasa kuat sehingga mendapat sanjungan dan pujian ataukah utuk beribadah kepada Allah Subhana Wa Ta’aala?

Usahamu mencari kesehatan itu tidak menjadikanmu hidup abadi.

Demikian semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Sehat Itu Bukan Berarti Panjang Umur"

Posting Komentar