Strategi Berdagang

adsense 336x280
Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: 

أتاكُم رَمضانُ شَهرٌ مبارَك ، فرَضَ اللَّهُ عزَّ وجَلَّ عليكُم صيامَه ، تُفَتَّحُ فيهِ أبوابُ السَّماءِ ، وتغَلَّقُ فيهِ أبوابُ الجحيمِ ، وتُغَلُّ فيهِ مَرَدَةُ الشَّياطينِ ، للَّهِ فيهِ ليلةٌ خيرٌ من ألفِ شَهرٍ ، مَن حُرِمَ خيرَها فقد حُرِمَ

“Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah Ta’ala wajibkan kalian untuk berpuasa padanya, dibukakan padanya pintu-pintu langit, ditutup pintu-pintu neraka Jahim, dan dibelenggu setan - setan yang membangkang. Pada bulan tersebut, Allah memiliki satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (seseorang beribadah selama itu). Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh ia orang yang terhalang (dari seluruh kebaikan)” (Hadits ini shahih. Hadits yang mulia dengan lafazh seperti ini diriwayatkan oleh an-Nasa-i (2106) dan Ahmad (12/59). Dan diriwayatkan pula oleh Ibnu Majah (1644) dari hadits Anas bin Malik radhiallahu’anhu. Lihat Shahih al-Jami’ (55) dan Shahih atTarghib wat Tarhib (1/241 nomor 999 dan 1000). Dan sebagian lafazh dan makna hadits ini juga diriwayatkan oleh al-Bukhari (1899 dan 3277), dan Muslim (2/758 nomor 1079))

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita manakala gajian tiba mereka sibuk menyusun rencana akan belanja apa besok? Maka disini kita akan belajar dari sebuah Swalayan terkenal, yang namanya mungkin sudah tidak asing ditelinga kita, sebut saja N**a.

Nah disana kita akan sama - sama belajar mengenai bagaimana strategi yang mereka gunakan didalam berjualan. Siapa diantara antum yang pernah ke N**a tanggal 15 tiap bulan? Dan siapa diantara antum yang pernah ke N**a setiap tanggal 25 - 1 tiap bulan? Ane kira kita kesana bukan untuk memborong barang belanjaan tapi sekedar membeli sesuatu yang kita perlu atau sekedar survey membuktikan artikel ini.

Setelah itu coba antum perhatikan label harga yang dipasang, pertama tanggal 15 dan yang kedua tanggal 25 - 1, antum survey saja disana. Ternyata pada tanggal 15 itu  harga - harga cenderung mahal, ini dapat kita buktikan sendiri dan pada tanggal 25 - 1 itu ternyata harga barang - barang cenderung murah bahkan banyak sekali diskon.

Antum tau kenapa bisa begitu? Inilah yang disebut dengan Strategi Berdagang.

Mereka melakukan itu untuk meraup keuntungan, kok bisa? Ya bisa, mereka memanfaatkan situasi pembeli dan pasar, ketika pembeli sudah memasuki tanggal gajian, terutama ditanggal - tanggal antara 25 - 1, maka mereka menurunkan harga agar para pembeli memborong barang dagangannya. Karena sudah gajian, orang yang punya duit cenderung untuk membeli banyak jika melihat harga yang di Diskon, adapun jika harganya sama saja seperti hari - hari biasa, orang - orang cenderung bersifat biasa saja, tidak ada yang istimewa. Dengan kata lain pembeli hanya membeli sedikit saja. 

Antum tau? Walaupun harga yang di Diskon itu hanya mendapatkan untung yang kecil bagi pihak N**a, tapi coba antum bayangkan jika yang dibeli dalam jumlah yang besar maka pihak N**a akan mendapat keuntungan yang besar. Ini seperti prinsip "Gunung", yang berbunyi : "Bukankah gunung - gunung yang besar itu tersusun dari kerikil - kerikil yang kecil?"

Kemudian pada tanggal 15 nya pihak N**a menaikkan kembali barang - barang yang ada, karena mereka tau pembeli belum gajian ditanggal tersebut. Inilah Strategi Berdagang.

Maka ane menyamakan perilaku diatas dengan hadits tentang Ramadhan, dimana Allah membuka pasar - Nya dibulan itu, agar hamba - Nya giat beribadah, mencari pahala bahkan memborong pahala. Karena di bulan Ramadhan banyak sekali keutamaannya. Dibuka pintu - pintu Surga, ditutup pintu - pintu Neraka , dibelenggu setan - setan dan ada 1 malam yang lebih baik dari 83-an tahun umur manusia, MasyaAllah sangat luar biasa. Antum beribadah dimalam itu sama pahalanya seperti orang yang beribadah 83-an tahun (1000 bulan).

Ini bukti betapa Islam itu sangat lengkap, hingga dalam perkara yang banyak diseminarkan, yaitu Strategi Berdagang.

Demikian semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Strategi Berdagang"

Posting Komentar