Zakat Profesi Itu Tidak Ada

adsense 336x280
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

لاَ زَكَاةَ فِيْ مَالٍ حَتَّى يَحُوْلَ عَلَيْهِ الْحَوْلُ

“Tidak ada zakat atas harta, kecuali yang telah melampaui satu haul (satu tahun)”. (Hadits ini diriwayatkan dari beberapa jalan periwayatan. Diriwayatkan dari jalan periwayatan Ibnu Umar oleh At Tirmidzi 1/123, dari jalan periwayatan ‘Aisyah oleh Ibnu Majah dalam Sunan-nya no. 1793, dari periwayatan Anas bin Malik oleh Al Daraquthni dalam Sunan-nya no. 199 dan periwayatan Ali bin Abi Thalib oleh Abu Daud dalam Sunan-nya no. 1573. Hadits ini dihasankan oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani dalam kitab Irwa Al Ghalil, 3/254-258)

Jadi, sebuah harta bisa dikatakan zakat manakala sudah melebihi satu tahun. Adapun jika harta itu belum satu tahun maka tidak ada zakatnya. Zakat apa saja harus genap satu tahun berdasarkan hadits di atas.

Kita melihat ada sebagian orang membolehkan zakat profesi. Maka ini perlu dipertanyakan, apa landasan dalilnya sehingga dia mengatakan ada zakat profesi.

Kita saja sebagai orang yang kerjanya di pabrik, perusahaan, kantor atau semacamnya. Ketika gajian tiba maka uang gajian itu ada yang habis dalam sekejap, untuk bayar kontrakan, bayar hutang, bayar perawatan kendaraan, bayar susu untuk anak dan lain – lain. Dan yang tersisa hanya hitungan ribu atau ratusan ribu, itupun untuk keperluan sebulan ke depan lamanya. Gaji seperti ini tidak ada zakatnya. Karena tidak sampai satu tahun sudah habis gajinya.

Orang yang membolehkan zakat profesi, sama sekali tidak berdalil dari Al Quran dan Hadits berdasarkan pemahaman Ulama Salaf. Orang seperti ini lebih banyak merusak daripada memperbaiki ummat.

Sedangkan para Ulama telah jelas menjelaskan bahwa yang dinamakan dengan satu tahun itu, yaitu satu Nishab.

Satu Nishab pun macam – macam ukuranya berdasarkan jenis harta yang di punya. Seperti emas, perak, binatang ternak, hasil pertanian dan buah – buahan, dan lain sebagainya. Masing – masing memiliki ukuran Satu Nishab yang berbeda – beda. Jadi, salah fatal jika ada orang yang membolehkan zakat profesi.

Demikian semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Zakat Profesi Itu Tidak Ada"

Posting Komentar