Allah Maha Memiliki

adsense 336x280 Secara langsung Allah menjelaskan tentang sifat diri - Nya, bahwa :

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعاً قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman - Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan - Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan.” (QS Az-Zumar [39]: 67)

Kemudian juga :


إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَىٰ

tetapi (dia memberikan itu semata-mata) karena mencari wajah Tuhannya yang Maha Tinggi. (QS. Al-Lail : 20)

Kita meyakini bahwa Allah adalah Dzat yang Maha Memiliki, Dia memiliki segala sesuatu yang tidak di miliki oleh makhluk - Nya. Sehingga tidak ada penyerupaan apapun jenisnya, dan tidak ada sekutu dengan sesuatu apapun serta tidak ada yang sama dalam berbagai hal dengan apapun juga di dunia ini. Dia lah Maha, Dia lah Yang Maha Memiliki.

Seperti tangan, Allah memiliki tangan tapi tangan yang Allah punya tidak sama dengan tangan makhluk - Nya. Karena Dia adalah Rabb, Tuhan seluruh makhluk di bumi. Jangankan antara makhluk dengan Allah, antara kita dengan ciptaan Allah yang lain saja tidak sama, tangan yang kita miliki dengan tangan monyet tentunya tidak sama. Maka bagaimana bisa tangan yang Allah miliki di samakan dengan tangan makhluk -  Nya?

Ada sebagian orang yang memahami bahwa yang dimaksud dengan tangan Allah adalah kekuasaan. Ini penafsiran yang salah, mereka beralasan bahwa Allah tidak boleh di samakan dengan makhluk - Nya. Orang seperti ini sama saja merubah makna Al - Quran, merubah arti bahasa Arab yang jelas - jelas Allah menjelaskan sifat diri - Nya yang memiliki tangan. Namun walaupun Allah memiliki tangan, tapi tangan Allah tidak sama dengan tangan makhluk - Nya, hanya Allah saja yang mengetahui hakikat tangan - Nya sendiri. Karena Allah tidak menjelaskan bagaimana dan seperti apa tangan Allah tersebut.

Kita sedang membicarakan tentang Dzat Allah bukan berbicara tentang sifat makhluk, maka keyakinan kita, tangan Allah yaa tangan bukan di ganti dengan kekuasaan, adapun tangan Allah tidak sama dengan tangan makhluk - Nya.

Kemudian, Allah memiliki wajah. Banyak orang yang menafsirkan bahwa yang dimaksud dengan wajah Allah adalah Keridhoan Allah, ini juga penafsiran yang salah. Namun anehnya banyak manusia yang ikut - ikutan meng-iya-kan dan menyetujuinya, padahal yang benar adalah wajah yaa wajah bukan keridhoan. Karena Allah tidak sama dengan makhluk - Nya. Sehingga wajah yang Allah miliki tidak sama dengan wajah makhluk - Nya.

Sekarang kita juga sedang berbicara tentang sifat Allah, bukan tentang sifat makhluk - Nya, jadi jangan samakan wajah Allah dengan wajah makhluk - Nya dengan merubah makna ayat dengan keridhoan - Nya. Ini sama saja merubah Al - Quran dari tafsir sebenarnya.

Seperti judul artikel di atas, Allah Maha Memiliki, berarti tangan yang Allah miliki tidak sama dengan tangan yang di miliki makhluk -Nya, begitu juga dengan wajah, Allah punya wajah, tapi wajah Allah juga tidak sama dengan wajah makhluk - Nya. Kewajiban kita mengimani Allah punya tangan dan juga punya wajah. Jangan mengubah - ubah ayat Al - Quran.

@SedikitCuplikanIsi dari Kajian ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat hafidzahullah.

Demikian semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Allah Maha Memiliki"

Posting Komentar