Menikah Karena Tidak Mampu

adsense 336x280  Allah Subhana Wa Ta’aala berfirman :

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya…” (QS. An - Nuur/24: 32).

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُمْ: اَلْمُكَـاتَبُ الَّذِي يُرِيْدُ اْلأَدَاءَ، وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيْدُ الْعَفَافَ، وَالْمُجَاهِدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ.

“Ada tiga golongan yang pasti akan ditolong oleh Allah; seorang budak yang ingin menebus dirinya dengan mencicil kepada tuannya, orang yang menikah karena ingin memelihara kesucian, dan pejuang di jalan Allah.” (HR. At-Tirmidzi (no. 1352) kitab an-Nikaah, Ibnu Majah (no. 1512) dan di-hasankan oleh Syaikh al-Albani dalam al-Misykaah (no. 3089), Shahiih an-Nasa-i (no. 3017), dan Shahiihul Jaami’ (no. 3050)).

MasyaAllah, jika ane ingat ayat Allah di atas maka ane akan merasa kagum karena ayat di atas terjadi pada saat pernikahan ane dulu. Dan jika ane membaca hadits nabi Shallallahu'alaihi Wa Sallam di atas maka ane juga merasa sangat kagum karena hal tersebut juga terjadi pada ane saat pernikahan ane dulu. Kalo boleh ane cerita betapa susahnya ane dulu ketika akan menikah yang pada saat itu ane cuma punya modal 7 juta untuk biaya nikah. Dan itu boleh hutang ama orang tua, Alhamdulillah nya orang tua pun mendukung pernikahan ane.

Dulu ane cuma punya duit 7 juta dan itu harus cukup untuk semua biaya pernikahan. Bismillah aja dan pernikahan pun berjalan dengan lancar. Walaupun acaranya tidak meriah, hanya makan pagi (Istilah orang daerah ane tempat ane tinggal), yang tidak ada hiburan atau pertunjukkan apapun juga. Karena yang ane pingin pernikahan yang sah bukan pernikahan yang mewah, yang hanya membuang harta dan berfoya - foya.

Hal ini juga terjadi pada teman ane. Dia juga sama kayak ane gak punya banyak harta tidak seperti kebanyakkan orang. Dia teman ane ingin menikah tanpa punya modal sedikitpun juga. Dia pernah cerita ke ane, sudah pinjam ke sana - ke sini tapi tidak dapat pinjaman. Akhirnya dia pinjam kas masjid tempat dia sering ikut kajian. Dan Alhamdulilah dia dapat pinjaman tapi semua pinjaman tersebut di dapat secara gratis, tanpa harus mengembalikkan semua hutang yang dia dapat. Belum lama ini dia juga sudah menikah, Alhamdulillah.

Nah kali ini ane mau berbagi tips atau cara agar bisa menikah walaupun dalam kondisi sesulit apapun juga. Bukan maksud ane merendahkan antum karena ane juga dulu nya sama kayak antum gak punya modal banyak buat menikah tapi lihat sekarang ane sudah punya 2 anak, dan benarlah firman Allah dan sabda nabi - Nya di atas.

Berikut tips nya :


  • Pertama, antum datangi DKM masjid tempat kajian biasa antum ngaji di sana dan bilang kalo antum mau menikah dan tidak punya dana, tentunya alasan yang antum berikan harus jujur pada DKM masjid. Karena segala sesuatu yang di mulai dengan kebohongan maka menjadikan urusan tersebut tidak berkah. InsyaAllah beliau akan membantu antum dengan uang kas masjid ataupun duit pribadi beliau. Dan antum jangan memaksakan harus sekian dan sekian dana yang di butuhkan tapi terima saja uang yang ada. InsyaAllah cukup untuk pernikahan antum. Jika antum sudah menikah maka ingat - ingatlah kebaikkan beliau - beliau tersebut dengan mendo'akan atau membantu jika antum dibutuhkan di masjid beliau sebagai ucapan terima kasih antum. Karena barangsiapa yang tidak bersyukur kepada makhluk - Nya maka dia tidak bersyukur kepada Allah.
  • Kedua, antum datangi kepala desa tempat antum tinggal dan sampaikan kepada kepala desa tersebut agar bisa di bantu proses pernikahan antum. Nanti Kepala Desa akan mengajukan ke pemerintah pusat agar di adakan nikah Massal. Tentunya selain antum, orang lain juga bisa menikah dengan sebab saran yang antum ajukan tadi. Mudah - mudahan pemerintah mau membantu.
  • Ketiga, untuk yang ketiga ini khusus untuk orang yang Kaya. Agar mereka menyisihkan sebagian hartanya untuk mereka yang belum mampu untuk menikah. Tentunya atas kesadaran diri sendiri, tidak boleh antum memaksakan mereka yang tidak mau bersedekah. Untuk mempermudah maka antum mendatangi RT setempat untuk mengadukan permasalahan antum. Semoga Allah memudahkan usaha antum tersebut.
  • Dan yang ke empat, antum banyak - banyaklah berdo'a terutama setelah membaca Tahiyat Akhir dalam shalat. Kenapa ane bilang seperti itu? Karena kebanyakan orang berdo'a hanya pada sujud terakhir saja. Ini jadi bid'ah karena yang sunnah di semua sujud. Bukan berarti ane melarang yaa akhi, tapi berdo'a hanya dalam sujud terakhir itu termasuk bid'ah dalam agama. Adapun berdo'a setelah Tahiyat Akhir sangat di anjurkan untuk dilanggengkan.

Semua usaha kembali kepada keputusan Allah. Semoga Allah memudahkan usaha antum tersebut.

Demikian semoga bermanfaat.
adsense 336x280

0 Response to "Menikah Karena Tidak Mampu"

Posting Komentar